Beranda

Kelas 7

1. Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Pertumbuhan dan perkembangan hewan dimulai sejak terbentuknya zigot. Satu sel zigot akan tumbuh dan berkembang hingga terbentuk embrio. Embrio akan berdiferensi sehingga terbentuk berbagai macam jaringan dan organ. Organ-organ akan menyatu dan bergabung menjadi janin. Janin akan dilahirkan sebagai bayi. Kemudian, bayi tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak, remaja, dan dewasa.

More….

2. Ciri-ciri makhluk hidup

Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan benda tak hidup. Ciri-ciri tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Dapat bergerak

Semua makhluk hidup dapat bergerak. Gerakan pada manusia dan hewan mudah kita amati karena gerakannya termasuk gerakan aktif dengan berpindah tempat, sedangkan gerakan pada tumbuhan sukar untuk diamati karena berupa grakan pasif atau tidak berpindah tempat. Meskipun demikan, gerakan pada tumbuhan dapat kita lihat, contohnya tumbuhan yang batangnya pendek, lama-kelamaan akan menjadi tinggi dan besar, serta bunga yang kuncup akan menjadi mekar.

More……

3. Atom
Jika suatu unsur, misalnya sepotong besi, dipotong menjadi dua dan potongan tersebut dipotong lagi secara terus-menerus, maka akan diperoleh partikel besi terkecil yang masih mempunyai sifat yang sama seperti sebelum dipotong. Partikel terkecil tersebut dinamakan atom besi.

Jadi unsur besi tersusun dari atom besi. Unsur lain, misalnya emas, juga tersusun dari atom-atom emas. Atom penyusun emas mempunyai sifat yang berbeda dengan atom penyusun besi. Gambar 1 menunjukkan kumpulan atom-atom.

Pengertian atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dipecah lagi, pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli filsafat Yunani Leukippos
dan Deumokritus yang hidup pada abad ke-4 sebelum Masehi (400 – 370 SM).

More…..

4. Pengetian Kalor

Kalor sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memasak air kita menggunakan kalor dari api, mengubah wujud es batu menjadi air dengan cara memanaskannya (memberi kalor). Istial Kalor pertama kali diperkenalkan oleh Antoine Laurent Lavoisier (1743-1794), sehingga ahli kimia berkebangsaan Perancis. Menurunya, Kalor merupakan semacam zat alir, yaitu zat yang mengalir dari suatu benda ke benda yang lain. Kalor akan mengalir dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang suhunya lebih tendah, jika benda itu bercampur atau bersentuhan. Satuan kalor pada masa itu dinyatakan dalam satuan kalori. Satu kalori didefinisikan sebagai begini:

“Banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk memasakan satu gram air sehingga suhunya naik sebesar 1 C”

More…..

5. Tenaga Endogen

Tenaga Endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga Endogen menggerakkan kulit bumi, dan menggankatnya hingga terkadang melebihi tinggi permukaan bumi baru berupa daratan. Tenaga Endogen bersifat membangun sedangkan tenaga Eksogen bersifat merusak.

More…..

6. Perkembangan Kehidupan di Bumi

Perkembangan bumi terbagi menjadi empat babak perkembangan :

1. Zaman Azoikum (Zaman tertua)

Zaman ini berlangsung kurang lebih 2500 juta tahun. Bumi masih merupakan bola gas sangat panas yang berputar pada porosnya.

2. Zaman Paleozoikum (Zaman kehidupan tua)

Zaman ini berlangsung kurang lebih 340 juta tahun. Keadaan bumi belum stabil, iklim masih berubah-ubah dan curah hujan sangat besar. Akan tetapi, pada zaman ini mulai ada tanda-tanda kehidupan. Seperti makhluk bersel satu (mikro-organisme), hewan-hewan kecil yang tidak bertulang punggung, jenis ikan dan jenis ganggang atau rumput-rumputan. Adanya hewan dan tumbuhan di bumi pada zaman ini diketahui dari sisa-sisanya yang telah membatu yang disebut fosil. Fosil ini umumnya ditemukan di batu karang. Zaman ini disebut juga zaman primer  (Zaman pertama)

More…..

7. Panjang

Panjang adalah jarak antara dua titik di dalam ruang. Menurut satuan SI, besaran panjang dinyatakan dalam meter. Perlu diketahui bahwa lebar, tinggi, jarak, kedalaman, keliling, dan garis tengah juga merupakan besaran panjang.

Sebelum adanya kesepakatan penggunaan SI, standar satuan panjang internasional pertama adalah sebuah batang yang terbuat dari campuran platina-iridium yang disebut sebagi meter standar. Saat ini alat tersebut disimpan di International Bureau of Weights and Measures Paris, Perancis.

Pengunaan meter standar batang platina-iridium mengalami beberapa kendala yaitu sebagai berikut:

More….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: