Kulit

Kulit merupakan lapisan tipis yang menutupi seluruh permukaan tubuh manusia. Kulit mempunyai fungsi untuk melindungi tubuh gangguan lingkungan, seperti gesekan dengan benda keras, sinar yang terlalu kuat, kuman penyakit, panas, dan pengaruh zat kimia; sebagai indra peraba; serta sebagai tempat pembentukkan vitamin D. Dengan bantuan sinar matahari. Selain itu, kulit juga berfungsi sebagai alat ekskresi, yaitu alat pengeluaran zat sisa metabolisme melalui keringat.

Kulit tersusun atas 3 lapisan, yaitu kulit ari (epidermis), kulit janggat (dermis), dan jaringan ikat bawah kulit (hipodermis).

Hasil metabolisme berupa air (H2O) akan dikeluarkan dari tubuh. Selain dikeluarkan melalui ginjal sebagai urine dan melalui paru-paru sebagai uap air, air sisa metabolisme dikeluarkan juga melalui kulit berupa keringat. Kelenjar keringat tersebar rata di seluruh kulit tubuh manusia. Kelenjar keringat berbentuk pembuluh panjang, pangkalnya menggulung pada bagian dermis, dan ujungnya memanjang keluar pada permukaan kulit. Pangkal kelenjar keringat yang menggulung tersebut berhubungan dengan pembuluh kapiler. Air sisa metabolisme terbawa sampai pada pembuluh kapiler meresap masuk kelenjar keringat. Selanjutnya keringat akan mengalir melalui pembuluh keringat sampai pada permukaan kulit sehingga kulit menjadi basah oleh keringat. Bersamaan dengan meresapnya air dari pembuluh kapiler ke dalam kelenjar keringat, ikut serta larutan garam dan urea.

Pengeluaran keringat oleh kelenjar keringat sebenarnya untuk menjaga suhu tubuh agar tetap konstan. Jika udara sangat panas, maka kulit akan mengeluarkan keringat. Panas pada udara sekitar akan digunakan untuk menguapkan keringat pada kulit. Akibatnya kulit tidak terkena panas udara karena panas udara digunakan untuk menguapkan keringat.

Pengeluaran keringat yang berlebihan, baik itu disebabkan oleh udara sekitar yang panas maupun bekerja berat dapat mengurangi air dan garam dalam tubuh sehingga dapat menggangu keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Keluarnya keringat dalam tubuh secara berlebihan harus diganti segera dengan minum yang banyak sebab jika tidak digantikan menyebabkan tubuh kekurangan air dan garam mineral.