Listrik dibedakan menjadi listrik statis (listrik tidak mengalir) dan listrik dinamis (listrik mengalir). Semua benda tersusun dari partikel-partikel yang sangat kecil, disebut atom. Atom terdiri dari nukleus dan elektron. Inti atom terdiri dari proton dan neutron.

Proton dan elektron bermuatan listrik. Proton bermuatan positif, sedangkan elektron bermuatan negatif. Neutron tidak bermuatan listrik (netral). Elektron bergerak mengelilingi inti atom dan dapat berpindah ke atom lain, sedangkan proton sukar untuk berpindah. Perpindahan elektron menyebabkan atom kekurangan elektron atau kelebihan atom. Apabila atom kekurangan elektron , maka atom tersebut bermuatan positif. Sebaliknya, apabila sebuah atom kelebihan elektron, maka atom tersebut bermuatan negatif.


Satuan muatan listrik dalam SI adalah coulomb (C). Semakin besar kekurangan/kelebihan jumlah elektron, semakin besar pula muatan listriknya.

Massa Muatan
Proton 1,67262 x  10-27 kg +1,602177 10-19 C
Elektron 9,10939 x 10-31 kg -1,602177 10-19 C
Neutron 1,67493 x 10-27 kg -

Ketika, kita menggosok pengaris plastik pada kain wol, terjadi perpindahan elektron dari kain wol ke mistar plastik sehingga penggaris plastik menjadi bermuatan negatif sedangkan kain wol menjadi bermuatan positif.

Begitu pula dengan batang kaca yang digosok pada kain sutra. Elektron berpindah dari kaca ke kain sutra sehingga kaca menjadi bermuatan positif sedangkan kain sutra menjadi bermuatan negatif. Penggaris plastik yang bermuatan listrik negatif tersebut ketika didekatkan dengan kaca yang bermuatan postif tarik menarik. Sedangkan ketika didekatkan dengan kain sutra tolak menolak. Dari percobaan tersebut dapat kita simpulakan, 2 benda yang bermuatan sejenis akan tolak-menolak, sedangkan dengan muatan yang berbeda jenis akan tarik-menarik.

About these ads